Sabtu, 12 Maret 2011

10 Tips Menjadi Blogger yang Baik


Tutorial Blog yakin bahwa Temen-temen blogger semua akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi pengunjung blognya. Untuk dapat memberikan yang terbaik bagi para pengunjung, hal yang pertama kali perlu kita lakukan adalah berusaha untuk menjadi blogger yang baik. Banyak ukuran untuk menilai apakah seorang blogger telah menjadi blogger yang baik atau belum dan mungkin untuk setiap individu akan menilainya secara berbeda tergantung dari sudut pandang masing-masing. 

Mungkin Teman-teman sering menemukan berbagai artikel mengenai tips untuk menjadi blogger yang baik. Hmm, tapi coba baca yang satu ini. Inilah 10 Tips Menjadi Blogger yang Baik dari Tutorial Blog :





1.    Be Your Self


Seperti yang telah Tutorial Blog utarakan pada posting-posting sebelumnya, Be Your Self !!!. Seorang Blogger yang baik akan membuat jalan blogging-nya sendiri. Maksudnya adalah  jangan  meniru "gaya blogging" orang lain. Sebenarnya menjadi diri sendiri tidaklah terlalu sulit. Menjadi diri sendiri dalam blogging bisa kita terapkan pada berbagai hal, seperti memilih template blog, tema postingan, gaya penulisan, atau hal-hal yang lain. Dengan menjadi diri sendiri pengunjung akan lebih appreciate terhadap blog kita dan kita sendiri sebagai pemilik blog.
Oh ya, perlu Temen-temen ketahui juga bahwa meniru "gaya blogging" orang lain berbeda makna dengan memiliki "panutan" dalam blogging. Temen-temen pasti tahu kan perbedaan yang dimaksud oleh Tutorial Blog!?


2.    Beritahu Pengunjung Siapa Anda


Tak Kenal maka Tak Sayang. Pepatah itu pasti sering Temen-temen dengar kan!? Dan pasti Temen-temen juga mengerti artinya. Ya, sebagai blogger yang baik kita harus memperkenalkan diri kita kepada para pengunjung blog kita. Untuk apa? Supaya pengunjung blog kita dapat memiliki gambaran seperti apa pribadi dari pemilik blog yang dikunjunginya. Pentingkah? Tentu saja, karena pengunjung akan merasa lebih dekat secara personal dengan kita sebagai pemilik blog. Cara termudah untuk memperkenalkan diri adalah melalui widget bawaan Blogger “Profile”. Dengan widget tersebut pengunjung akan dapat melihat profil Teman-teman dengan mudah.


3.    Jalin Pertemanan dengan Blogger Lain


Teman, setujukah bahwa pertemanan atau persahabatan adalah hal yang penting?
Kalau Tutorial Blog sendiri sangat setuju sekali. Perteman tidak hanya penting di dunia nyata saja, tetapi juga di dunia lain, eh salah, dunia maya maksudnya, hihi…. Dengan menjalin pertemanan dengan sesama blogger maka kita akan mendapat banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain kita akan memiliki pengunjung yang setia, dapat saling bertukar backlink, saling men-support satu sama lain, dan masih banyak lagi. Jadi, mari berteman wahai kawan-kawan blogger ^_^


4.    Menulis Secara Sistematis 


Apakah ketika menulis sebuah artikel yang akan di-posting, Temen -temen asal menulis lalu langsung posting begitu saja? Atau malah cuma copy-paste, edit sedikit, lalu posting? Wah, tidak kan ya!? Jangan sampai deh. Tahukah Temen-temen, bagian apa yang paling utama pada sebuah blog? Ya, benar, bagian utama dari sebuah blog adalah postingan/ artikel. Coba deh Temen-temen bayangkan jika sebuah blog tidak memiliki  artikel/ posting, hihi..., terus pengunjung mau ngapain!?!?
Nah, saking pentingnya artikel/ postingan, maka bagian tersebut perlu mendapat perhatian khusus oleh kita sebagai pemilik blog. Sebagai seorang blogger yang baik, maka ketika menulis sebuah artikel/ postingan  harus menulis secara sistematis. Lalu bagaiman menulis postingan secara sistematis itu? Tutorial Blog akan menulis artikel khusus mengenai pokok bahasan yang satu ini. Jadi tunggu saja Teman-teman, oke!? ^_^


5.    Katakan Pendapatmu


Berpendapatlah! Untuk apa? Ya, supaya orang lain memperhatikan kita dan dapat menilai kita. Coba bayangkan jika Temen-temen hanya menulis artikel dengan tema umum dan hanya meng-"iya"-kan pendapat dari tulisan orang lain. Tentu pengunjung blog tidak akan tertarik dengan tulisan Temen-temen tersebut. Maka, cobalah Temen-temen membuat postingan mengenai suatu isu (tentu saja yang berhubungan dengan tema blog Temen-temen) dengan menggunakan sudut pandang Temen-temen sendiri. Jika sudah ada orang lain yang menulis mengenai isu tersebut, maka tulislah dengan sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu pengunjung akan tertarik dengan tulisan Temen-temen dan memancing mereka untuk berkomentar di blog Temen-temen.


6.    Terimalah bahwa Tidak Semua Orang Menyetujui Pendapat Anda


Nah, setelah Temen-temen menuliskan pendapat, maka bersiaplah dengan masukan-masukan yang datang dari orang lain. Masukan-masukan ini akan sangat bermacam-macam. Ada yang setuju ada pula yang tidak setuju. Ketika ada seseorang yang tidak setuju maka terimalah, karena memang setiap orang memiliki pendapat masing-masing. Dan juga, Jangan ajak orang tersebut berdebat ! tapi ajaklah untuk berdiskusi.


7.    Jawablah Pertanyaan, Saran dan Kritik dari Orang Lain


Hal yang menjadi ciri khas sebuah blog salah satunya adalah kotak komentar. Pastikan Temen-temen mengaktifkan kotak komentar. Kotak komentar merupakan sarana utama bagi kita untuk mendapatkan feedback dari pengunjung. Kotak komentar menjadi tempat bagi pengunjung blog untuk menyampaikan pendapat mereka mengenai tulisan yang kita posting. Nah, masukan tersebut dapat berupa pertanyaan, pernyataan setuju atau tidak setuju, kritik dan saran, atau yang lainnya. Pastikan Temen-temen membalas semua masukan tersebut. Dengan membalas semua masukan dari pengunjung, menunjukan bahwa kita sebagai pemilik blog sangat memperhatikan pengunjung. Ingat, pengunjung adalah raja. Jika pengunjung mendapatkan feel yang menyenangkan mengenai suatu blog,  maka kemungkinan besar pengujung akan kembali ke blog tersebut di kemudian hari.


8.    Berbagi Pengalaman


Temen-temen, setujukah dengan pepatah “Pengalaman adalah guru yang sangat berharga”? Nah, mungkin karena kebanyakan orang merasa bahwa pengalaman mereka sangat berharga, membuat mereka enggan berbagi pengalaman tersebut kepada orang lain. Apakah Teman-teman juga begitu? Sebaiknya jangan. Berbagilah dengan orang lain mengenai pengalaman Temen-temen, baik itu pengalaman ketika melakukan kesalahan atau pengalaman ketika mencapai keberhasilan. Pengalaman Temen-temen bisa menjadi "guru" bagi orang lain dan berbagi pengalaman juga tidak akan merugikan Temen-temen, bahkan sebaliknya. Dengan berbagi pengalaman, maka Temen-temen akan menjadi lebih dihargai oleh orang lain khususnya sesama blogger.


9.    Berani Mengambil Resiko


Apakah Temen-temen sudah merasa nyaman dengan keadaan Temen-temen sekarang (dalam hal blogging)?
Bagaimana seandainya jika Temen-temen mencoba hal yang baru, seperti mencari sudut pandang  atau gaya menulis yang baru?
Ya, mencoba hal-hal yang baru tersebut memang berisiko karena kemungkinan dapat membuat blog menjadi kehilangan pengunjung. Akan tetapi Temen-temen dapat membuat pengujung berkomentar mengenai “jalan baru” yang Temen-temen tempuh. Apakah pengunjung setuju atau tidak. Hal seperti inilah yang membuat kegiatan blogging menjadi menarik dan membuat pengunjung semakin penasaran mengenai blog Temen-temen.


10.    Pengaruhi Orang lain (dalam hal positif)


Apakah Temen-temen sedang melakukan hal-hal yang tidak pernah dipikirkan oleh orang lain? Seperti menemukan metode blogging yang efektif atau hal baru lain yang positif.
Nah, inilah kesempatan Teman-temen untuk menjadi the leader of movement. Ajak orang lain untuk mengikuti tindakan Temen-temen. Ketika Temen-temen menemukan suatu jalan menuju kesuksesan, maka ajaklah orang lain dan mereka akan menjadikan Temen-temen sebagai panutan atau istilah keren-nya the leader of movement, ciee….semoga saja.


Oke, teman. Itulah 10 Tips Menjadi Blogger yang Baik dari Tutorial Blog. Akan tetapi tentu saja masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk menjadi blogger yang baik. Nah, sudahkah Temen-temen menjadi blogger yang baik? Semoga artikel dari Tutorial Blog kali ini dapat membantu kita semua menjadi blogger yang lebih baik.
Kalau pendapat Temen-temen sendiri bagaimana? Ayo samapaikan pendapatmu di kotak komentar di bawah ini. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar